KIK Edisi 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print
Kata Mereka

Daftar Isi

Sebenarnya,

Transisi Energi

Transisi Energi merupakan suatu proses menuju transformasi energi global yang sebelumnya berbasis bahan bakar fosil menjadi energi hijau yang tidak mengemisikan karbon dan lebih ramah lingkungan. Transisi energi memiliki tujuan akhir untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari sector energi demi membatasi perubahan iklim.


Faktor Pendorong terjadinya transisi energi

Pendorong utama dalam percepatan transisi energi di era sekarang disebabkan oleh sejumlah faktor. Faktor-faktor tersebut seperti tingginya penetrasi energi terbarukan ke dalam bauran energi global, dimulainya elektrifikasi, dan peningkatan teknologi penyimpanan energi. Di sisi lain, regulasi dan komitmen dari pemerintah juga menjadi faktor untuk membuat transisi energi semakin melaju kencang. Dari waktu ke waktu, semakin banyak investor dan perusahaan mencari kejelasan dan kepercayaan yang lebih besar dalam memperhitungkan risiko dan peluang iklim jangka panjang. Setelah bertahun-tahun bergantung pada regulasi untuk pertumbuhan di sektor energi, sumber energi terbarukan telah menjadi produsen listrik yang kuat dan hemat biaya.


Gimana Progressnya di dunia?

Saat ini, sistem energi global sedang mengalami keadaan di mana lebih banyak pembangkit listrik berbasis terbarukan sedang dibangun dibandingkan dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Di beberapa negara, energi terbarukan perlahan menggantikan bahan bakar fosil untuk memasok listrik. Hingga akhir 2019, kapasitas energi terbarukan mencapai 2.537 GW, meningkat 176 GW dari tahun sebelumnya (IRENA, 2020).


Gimana Progres nya di Indonesia?

Hingga 2020 realisasi bauran EBT hanya sebesar 11.2% atau 10.6 GW, sementara itu target 2025 sebesar 24 GW. Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh dalam menerapkan Nationally Determined Contribution (NDC) guna mengatasi perubahan iklim yang sudah diputuskan melalui Paris Agreement sekaligus hydra tor berusaha mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Pemerintah Indonesia tengah menyusun kebijakan jangka pendek melalui Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) sebagai bentuk keseriusan mengimplementasikan NDC. Saat ini pemerintah juga sedang berusaha secara bertahap untuk menekan deficit migas dengan melakukan bauran energi dari batu bara ke EBT.

GSEN disusun dengan visi mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional. Setidaknya ada 14 program strategis yang akan dijalankan, di antaranya mempercepat pemanfaatan pembangkit EBT sebesar 38 GW tahun 2035, meningkatkan produksi minyak 1 juta bph, meningkatkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, Meningkatkan pembangunan jaringan gas kota, Mendorong efisiensi konservasi energi serta inovasi di bidang energi seperti CCUS, dll.


Tantangan Transisi Energi di Indonesia?

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana Mengatakan, bahwa sisi pembiayaan seperti mewujudkan tarif rendah serta menciptakan iklim investasi yang menarik mengenai EBT di Indonesia merupakan salah satu tantangan dalam mengembangkan efisiensi dan transisi ke energi yang lebih bersih. Adapun tantangan pengembangan EBT di Indonesia yang lain adalah :
– Bunga pinjaman yang tinggi
– Persyaratan agunan tinggi
– Tidak adanya pendanaan proyek
– Proyek berukuran kecil dan meningkatkan biaya transaksi
– Kapasitas pengembang proyek dan lembaga keuangan masih terbatas.

Referensi

Pristiandaru, Danur Lambang. “Inspirasi Energi: Apa Itu Transisi ENERGI? Halaman All.” KOMPAS.com, Kompas.com, 12 July 2021, internasional.kompas.com/read/2021/07/12/182658570/inspirasi-energi-apa-itu-transisi-energi?page=all.

Deny, Septian. “Banting Tulang Pemerintah JAWAB Tantangan Energi Baru Dan Terbarukan.” liputan6.Com, Liputan6, 8 May 2021, www.liputan6.com/bisnis/read/4553795/banting-tulang-pemerintah-jawab-tantangan-energi-baru-dan-terbarukan.

Mediatama, Grahanusa. “Kejar Target BAURAN Ebt 23%, TRANSISI Energi Perlu Akselerasi.” Kontan.co.id, 12 Apr. 2021, industri.kontan.co.id/news/kejar-target-bauran-ebt-23-transisi-energi-perlu-akselerasi.

Jatmiko, Bambang P. “Merenungkan AMBISI Dunia Menuju Zero Emission Halaman All.” KOMPAS.com, Kompas.com, 19 July 2021, money.kompas.com/read/2021/07/19/153000126/merenungkan-ambisi-dunia-menuju-zero-emission?page=all.

Infografis

Feeds IG 1
Feeds IG 2
Feeds IG 3
Feeds IG 4
Feeds IG 5
Feeds IG 6
Feeds IG 7

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bantu Website PATRA Menjadi Lebih Baik!

Berikan Penilaian Untuk Website PATRA Saat Ini